30.12.12

Cara Alami Atasi Pori-Pori Wajah

Pori-pori kulit yang membesar serta kulit yang terlihat berminyak merupakan masalah yang umum terjadi pada usia-usia produktif. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon androgen yang memicu meningkatnya produksi kelenjar minyak pada kulit. Inilah yang akhirnya diikuti dengan pelebaran pori-pori kulit.
Masalah pori secara garis besar dibedakan menjadi dua. Yang pertama, pori besar (large pore), dan pelebaran pori (enlarged pore). Pori besar pada umumnya terdapat pada jenis kulit berminyak (oily skin) dan kulit kombinasi, terutama pada daerah T (misalnya area hidung dan dahi).



Sering kali penyebab masalah ini adalah dari keseharian kita yang salah langkah pada perawatan wajah.

1. Misalnya, bila terlihat ada komedo, biasanya kita malah terpancing untuk memencetnya. Bila tidak diatasi
    dengan antiseptik yang baik dan teknik yang benar, pori-pori akan terlihat lebih jelas.
2. Saat kita mencuci wajah dan menggunakan handuk, biasanya supaya terasa lebih bersih, kita menggosok
    wajah keras-keras.
3. Kebiasaan memencet jerawat yang menyebabkan berbagai kerusakan, antara lain hiperpigmentasi dan  
    scar acne  (bopeng/jerawat).

Tips alami yang dianjurkan untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan asam dari jeruk nipis, apel, sari tebu, dan susu. Namun, harus diperhatikan juga cara penggunaan dan aplikasinya, jangan sampai menyebabkan iritasi pada kulit.

Khusus pada bagian kulit yang punya pori-pori terbesar, gosokkan es batu lebih lama. Lakukan ini selama setengah menit atau lebih. Gabungan air panas, air dingin, dan air lemon akan membantu membersihkan wajah dan mengecilkan pori-pori dalam waktu singkat.(FM)

0 komentar:

Posting Komentar