8.1.13

Cara Benar Merawat dan Mencegah Rambut Rontok

Baik bagi pria maupun wanita, rambut adalah mahkota yang berharga. Karena rambut sering kali menjadi penentu penampilan diri kita. Sehingga kita hendaknya merwat rambut dengan sebaik-baiknya, untuk mencegah masalah rambut yang sering terjadi, seperti kerontokkan dan cepatnya rambut beruban.



Menurut para ahli, umumnya kebotakan di sebabkan oleh faktor hormonal dan genetic. Proses terjadinya kebotakan biasanya sekitar usia 40 tahunan yang di sebabkan karena terbentuknya Dihydrotestosterone (DHT) yang akan menyebabkan miniaturisasi dari folikel rambut, fase tumbuh menjadi lebih pendek dan fase rontok menjadi lebih panjang.

Untuk mencegah terjadinya kerontokkan rambut, berikut ini FM akan share  cara benar merawat rambut, yaitu :




  • Jagalah kebersihan kulit kepala. Sebisa mungkin lindungi kulit kepala dari terpaan sinar matahari langsung.
  • Jika ingin melakukan pewarnaan, pengeritingan atau proses lain yang memakai zat kimia, sebaiknya di lakukan pada waktu yang berjauhan.
  • Rajin berolahraga supaya melancarkan peredaran darah kulit kepala
  • Mengonsumsi makanan atau supplemen yang mengandung vitamin B5 dan B6
  • Jangan melakukan diet secara berlebihan dan sebaiknya di bawah bimbingan ahli gizi
  • Berhenti merokok dan kurangi konsumsi kafein
  • Hindari stress dan emosi tidak terkontrol yang dapat berimbas pada kerontokan rambut.
Untuk mendorong pertumbuhan dan kesehatan rambut, di perlukan jenis makanan bernutrisi yang mengandung protein tinggi, rendah karbohidrat dan lemak. Secara spesifik rambut kita membutuhkan zat-zat yang mengandung protein, vitamin A, asam lemak omega-3, vitamin B12, biotin dan mineral seperti zat besi, seng dan tembaga.
Zat-zat tersebut sangat berperan penting untuk mencegah kerontokan rambut, namun seringkali luput dari perhatian.

Biotin bisa di peroleh dari sumber makanan seperti hati dan kuning telur, di perlukan dalam jumlah yang tepat. Kita bisa menggantinya dalam bentuk supplemen makanan. Zat ini merupakan komponen utama pertumbuhan rambut, kulit dan kuku.(fp.com)







0 komentar:

Posting Komentar